24 November 2015

Tujuan RPL

 
 
1. REKAYASA
* berasal dari Bahasa Inggris (Engineering) atau biasa dikenal dengan nama teknik adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Hal ini diselesaikan lewat pengetahuan, matematika dan pengalaman praktis yang diterapkan untuk mendesain objek atau proses yang berguna.
* Penerapan kaidah – kaidah ilmu dalam pelaksanaan sesuatu.
2. PERANGKAT LUNAK
* berasal dari Bahasa Inggris (Software) atau sering disebut juga piranti lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai ‘penterjemah’ perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras.
* program komputer yang isi instruksinya dapat diubah dengan mudah. Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut sebagai device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi dan bahasa pemrograman), dan lain-lain.
* Perangkat lunak tidak hanya mencakup program, tetapi juga semua dokumentasi dan konfigurasi data yang berhubungan, yang diperlukan untuk membuat agar program beroperasi dengan benar.
KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK
* PERANGKAT LUNAK SISTEM (SYSTEM SOFTWARE)
1. Perangkat Lunak Sistem Operasi (Operating System)
Perangkat Lunak Sistem Operasi (Operating System), yaitu program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasi operasi dari sistem komputer. Contoh : MS – DOS, Windows
2. Perangkat Lunak Sistem Bantuan (Utility)
Perangkat Lunak Sistem Bantuan (Utility), yaitu program yang ditulis untuk bantuan yang berhubungan dengan sistem komputer, misalnya memformat disk, menyalin disk dsb. Contoh : notepad
3. Perangkat Lunak Bahasa (Language Software)
Perangkat Lunak Bahasa (Language Software), yaitu program yang digunakan untuk menterjemahkan instruksi – instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin supaya dapat dimengerti oleh komputer. Contoh : Basic, Pascal, Cobol dsb.
* PERANGKAT LUNAK APLIKASI (APPLICATION SOFTWARE)
1. Perangkat Lunak Aplikasi Tujuan Umum (General Purpose Application Software)
Perangkat Lunak Aplikasi Tujuan Umum (General Purpose Application Software), yaitu program yang ditulis untuk keperluan kebanyakan pemakai komputer secara umum. Contoh : MS – Word, Excel dsb
2. Perangkat Lunak Aplikasi Tujuan Khusus (Special Purpose Application Software)
Perangkat Lunak Aplikasi Tujuan Khusus (Special Purpose Application Software), yaitu program yang ditulis untuk keperluan khusus. Contoh : SPSS, DacEasyAccounting, Autocad, SEM, dsb.
3. REKAYASA PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE ENGINEERING)
* satu bidang ilmu yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk manajemen pembuatan, pemeliharaan, pengembangan perangkat lunak dan sebagainya.
* Disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.
ISTILAH KUNCI
* “disiplin ilmu” –> Perekayasa membuat suatu alat bekerja dengan menerapkan teori, metode, dan alat bantu yang sesuai. Selain itu mereka menggunakannya dengan selektif dan selalu mencoba mencari solusi terhadap permasalahan.
* “semua aspek produksi perangkat lunak” –> RPL tidak hanya berhubungan dengan proses teknis dari pengembangan perangkat lunak, tetapi juga berhubungan dengan kegiatan seperti manajemen proyek perangkat lunak, pengembangan alat bantu, metode, dan teori untuk mendukung produksi perangkat lunak.
TUJUAN RPL
* Biaya Produksi Rendah
* Kinerja Tinggi
* Biaya Perawatan Rendah
* Keandalan Sistem
* Output Berdaya Guna dan Tepat Waktu

0 komentar:

Posting Komentar